Olahraga Squash

Bola Tenis Lapangan

Mengenal olahraga Squash masih terbilang sulit di Indonesia. Pasalnya, olahraga ini belum begitu populer di Indonesia. Meskipun sama-sama menggunakan bola dan raket untuk bermain, olahraga Squash berbeda dengan badminton dan tenis lapangan.

Walaupun belum begitu populer, faktanya olahraga Squash telah beberapa kali diikutkan dalam berbagai macam kegiatan lomba keolahragaan, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), Sea Games, dan Asean Games. Apa Itu olahraga Squash? Yuk, ikuti ulasannya di bawah ini:

PENGERTIAN DAN SEJARAH OLAHRAGA SQUASH

Squash adalah olahraga indoor menggunakan raket dan bola yang dipantulkan ke tembok dengan saling berbalasan dengan lawan main. Di dinding tempat memantulkan bola dipasangi garis khusus untuk menjadi batas apakah bola masuk atau keluar. Garis ini pula yang menjadi penentu skor permainan.
Olahraga ini awal mulanya dimainkan di Inggris pada 1800-an. Setelah itu, berkembang di negara jajahannya seperti Malaysia, Hongkong, hingga Australia. Baru setelah 1907, Amerika Serikat pertama kali membentuk sebuah organisasi bernama United States Squash Association.

PERALATAN OLAHRAGA SQUASH

Secara umum, peralatan Squash hanya terdiri dari 2 hal penting, yakni:

  • RAKET SQUASH

Penggunaan raket Squash yang paling populer adalah dengan menggunakan raket berbahan aluminium, karbon, dan titanium. Secara kualitas, ketiga bahan ini memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing. Raket berbahan aluminium biasanya memiliki berat 190 gram dengan luas kepala raket 470 cm dan digunakan untuk tujuan permainan rekreasi.

Untuk raket dari bahan karbon biasanya memiliki berat 130 gram dengan luas kepala raket mencapai 500 cm yang digunakan untuk permainan-permainan yang agresif. Sementara raket dari bahan titanium yang ditujukan untuk permainan menyerang serta akurasi dan kontrol bola yang tinggi, maka beratnya dapat mencapai 140 gram dengan luas kepala raket 550 cm.

  • BOLA SQUASH

Adapun bola yang digunakan dalam olahraga Squash biasanya terdiri dari empat macam dengan titik-titik berwarna yang membedakannya, yakni putih, kuning, biru, dan merah. Keempat warna ini pun memiliki karakter kecepatan yang berbeda-beda.

Misalnya, titik putih dengan kecepatan agak lambat, kuning untuk yang lambat, merah agak cepat, serta biru jika sudah cepat. Bola Squash ini pun terbuat dari karet sehingga lebih mudah untuk dipantulkan.

LAPANGAN OLAHRAGA SQUASH

Olahraga Squash biasanya dimainkan di ruangan tertutup di lapangan dengan ukuran panjang 9,75 meter serta lebar 6,4 meter. Dapat dimainkan untuk partai tunggal, bisa pula partai ganda menggunakan jaring seperti badminton atau tenis. Pada bagian lapangan dipasangi board dengan jarak 14-25 mm dari permukaaan dinding.

Munculnya bunyi akibat benturan bola dan board akan memperlihatkan bahwa pukulan terlalu rendah. Terdapat  garis merah yang menghubungkan titik-titik dengan tinggi 4,57 meter pada dinding depan. Ada juga dinding neon di garis merah mendatar yang melintang dengan tinggi 2,47 meter di bawah garis keluar.

SQUASH ADALAH OLAHRAGA TERSEHAT DI DUNIA

Ketika memainkan olahraga ini seluruh otot akan aktif bergerak. Permainannya yang dilakukan di dalam ruangan membuat para pemain terhindar dari serangan matahari langsung. Dalam 30 menit bermain setara dengan latihan kardio dan pernapasan yang impresif. Kegiatan ini pun akan membakar lebih dari 517 kalori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *