Olah Raga Ice Skating

Es

Olahraga ice skating cukup populer di negara yang memiliki empat musim. Di Indonesia, olahraga ini juga mulai dipopulerkan walaupun hanya di kota-kota besar saja. Ice skating sebenarnya dapat dilakukan di musim apa saja asalkan memang ada tempat khusus untuk melakukan ice skating. Di luar negeri ada banyak tempat ice skating indoor yang dapat digunakan untuk melakukan olahraga ice skating kapan saja. Sebagai salah satu olahraga, ice skating memiliki beberapa manfaat, manfaat tersebut antara lain :

1. Keseimbangan yang lebih baik

Ice skating membantu meningkatkan keseimbangan tubuh melalui latihan yang menyenangkan. Meluncur di es yang licin memerlukan keseimbangan lebih untuk tetap bertahan agar tidak terjatuh. Apalagi sepatu yang digunakan oleh pemain ice skating merupakan sepatu khusus yang perlu dijalankan dengan seimbang. Jadi bagi yang bisa melakukan ice skating dan terus berlatih maka, akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dari pada orang umum.

2. Meningkatkan fleksibilitas sendi

Bagi yang jarang berolahraga maka sendi yang kaku mungkin sering dialami. Ice skating bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilatas sendi. Ice skating membutuhkan pergerakan kaki dengan lutut yang kuat, sendi kaki akan menerima latihan yang bagus dan diharapkan akan lebih fleksibel jika dilatih terus.

3. Membentuk otot kaki

Fokus pada pergerakan tubuh bagian bawah, manfaat olahraga ice skating memberikan latihan untuk otot kaki. Olahraga ini dapat membentuk otot kaki sehingga lebih kuat setiap kali berlatih. Pemain ice skating perlu meluncur dan menggerakkan kaki mereka sehingga otot kaki akan terus dilatih.

4. Kesehatan jantung

latihan aerobik merupakan aspek penting dalam kesehatan jantung. Ice skating menyediakan latihan aerobik yang dibutuhkan tersebut. Bagian terbaiknya adalah skating menjadi latihan cardio kadang tanpa disadari. Kesehatan jantung sendiri merupakan hal yang perlu selalu dijaga karena merupakan organ vital pada manusia.

5. Menjaga ketahanan tubuh

Ice skating membutuhkan energi lebih untuk setiap penambahan waktu, menjadikan kita membangun ketahanan tubuh. Semakin lama kita melakukan ice skating, maka kita akan meningkatkan ketahanan kita, tidak hanya untuk ice skating tapi untuk olahraga dan aktivitas lainnya juga.

6. Menjaga berat badan

Jika kita ingin mengurangi berat badan maka ice skating juga merupakan olahraga yang mampu membakar kalori yang menyenangkan. Ice skating membakar sekitar 300-650 kalori setiap jam, tergantung seberapa keras kita bermain ice skating. Tak mengherankan jika rata-rata pemain ice skating memiliki tubuh yang langsing.

7. Meningkatkan persendian

Melalui meluncur dan sinkronisasi pergerakan kaki, sendi dan otot akan mendapatkan latihan dan menjadi fleksibel. Ada yang menyebutkan bahwa skating lebih bermanfaat daripada bersepeda dan berlari. Ice skating membuat hampir semua otot utama bekerja, termasuk persendian.

8. Latihan mental

udara yang sejuk dan sinar matahari di ice skating outdoor akan membuat perasaan kita menjadi lebih nyaman dan tenang. Apalagi jika kita melakukan ice skating bersama dengan keluarga atau sahabat. Kegiatan ice skating tersebut akan menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga bisa memberikan perasaan bahagia. Perasaan bahagia tersebut membuat mental kita menjadi lebih sehat.

9. Menghilangkan stress

Aktivitas fisik secara teratur seperti ice skating dapat membantu melawan efek dari stress. Ice skating merupakan salah satu cara menyenangkan untuk berolahraga, terutama jika kita melakukan ice skating di luar ruangan, misalnya di danau es ataupun tempat ice skating outdoor saat musim dingin. Kita bisa menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar tempat ice skating tersebut. Kita juga akan fokus untuk bermain ice skating sehingga masalah lainnya akan terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *