Olahraga Panahan

Atletik

Meski terlihat statis, namun olahraga ini membutuhkan kekuatan konsentrasi yang tinggi dan cukup menantang. Manfaat yang didapat dari olahraga panahan juga beragam. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasannya!

Melatih Kesabaran dan Konsentrasi

Karena dituntut untuk membidik target dari jauh se-akurat mungkin, maka fokus dan konsentrasi sangat berperan penting dalam olahraga panahan. Gerakan Anda harus sesuai dengan pikiran Anda, sehingga secara tidak langsung dapat melatih daya fokus antara pikiran emosi dan gerak psychomotoric. Terus berlatih konsentrasi saat memanah juga akan melatih Anda untuk bisa berkonsentrasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fokus, Anda bisa meredam kekhawatiran dan membantu Anda untuk lebih fokus pada tugas. Belajar tetap fokus melalui olahraga panahan akan mengatasi gangguan dan penundaan pekerjaan.

Melatih Koordinasi dan Kecepatan

Memiliki koordinasi tangan dan mata adalah keterampilan penting untuk memanah. Dengan berbagai gerakan yang berbeda seperti membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata, tangan Anda akan terlatih untuk bisa bekerja sama dalam waktu yang cepat. Cerebellum yang ada di belakang otak akan mengirim sinyal pada otot untuk menjaga kondisi tubuh supaya seimbang. Selain akan menghasilkan pembidikan yang baik, peningkatan koordinasi dan kecepatan juga bisa membantu Anda dalam kegiatan lainnya.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sama seperti karakter di film-film fiksi perang dimana sang jagoan terlihat gagah dan percaya diri saat memanah, melakukan olahraga panahan juga bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda. Secara tidak langsung, seseorang yang jago memanah memang cenderung memiliki daya tarik tersendiri. Ini bisa disebabkan oleh rasa percaya diri pada diri mereka untuk dapat mencapai target. Tingkat kepercayaan diri yang didapat dari olahraga panahan juga akan berpengaruh pada kegiatan sehari-hari. Selain rasa percaya diri, Anda juga bisa menambah keberanian dengan melakukan olahraga panahan. Mencoba untuk memanah sasaran dengan tepat untuk sebagian orang bisa menjadi hal yang menegangkan. Rasa ragu yang muncul pada akhirnya bisa menggagalkan usaha Anda dalam memanah yang tepat sasaran. Oleh karena itu, seseorang yang ingin bisa olahraga panahan harus mempunya keberanian yang baik.

Kekuatan Tubuh

Sama seperti olahraga lainnya, memanah juga membutuhkan pemanasan. Walaupun olahraga panahan sering dinilai statis dan tidak membutuhkan banyak gerakan, ternyata dibutuhkan pemanasan khusus agar tubuh bisa lebih lentur dan kuat saat memanah. Ketika menarik busur, Anda harus bisa menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, dan juga otot dada, bahu dan punggung. Seperti mengangkat beban, tekanan ini biasanya ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan busur. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan busur dapat menguatkan otot di tubuh bagian atas. Hasil kekuatan tergantung pada jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berlatih dan bersaing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *