Teknik Khas Para Bintang Sepak Bola

Sepak Bola

Dalam setiap pertandingan sepakbola seringkali ada beberapa pemain yang menunjukkan skill mereka, tapi dari sekian banyak skill yang mereka tunjukkan ada deretan mega bintang sepak bola yang memiliki skill khas unik yang biasanya mereka tunjukkan dan melekat pada diri mereka, siapa saja mereka?

1.Andres Iniesta – La Croqueta

Dimulai dari gelandang tangguh Barcelona, yang terkenal sebagai playmaker sejati dan memiliki kemampuan untuk membuat bola menempel terus pada kakinya.
La Croqueta adalah teknik Iniesta untuk melewati lawan dengan memindahkan bola dari satu kaki ke kaki lain sambil bergerak menghindar. Kebayang nggak Iniesta bisa melakukan teknik tersebut secepat kilat agar bolanya ngga lepas.

2.Ronaldinho – Elastico

Seorang legenda dari Brazil dan pernah bermain di Barcelona juga, ya dialah Ronaldinho
Elastico adalah teknik drible dengan menyeret bola dengan kaki luar dari satu arah ke arah lain. Sebenarnya, gerakan itu pertama kali diperkenalkan oleh Ravelino pada 1970.

3.Manuel Neuer – Sweeper Keeper

Emangnya hanya pemain lini lain yang bisa melakukan skillnya? jangan salah gan, seorang kiper juga bisa melakukan teknik khasnya. Hal ini bisa kita lihat dari kebiasaan seorang Manuel Neuer yang kerap maju untuk melakukan tackling kepada musuh yang mendekati gawangnya padahal biasanya tugas ini dilakukan oleh gelandang bertahan atau seorang bek. Teknik ini biasa disebut Sweeper Keeper yang mengubah posisi kiper menjadi bek. Apa yang bakal agan lakuin kalo lagi berhadapan sama Neuer?

4. Francesco Totti – Il Cucchiaio

Beralih ke pangeran Roma yang sangat loyal dengan klubnya.
Dalam bahasa Indonesia, Cucchiaio artinya sendok.Teknik Totti ini adalah sebuah tendangan. Dia melepaskan sepakan dengan cara menyendok/mencongkel bola hingga melambung.

5.Cuauhtemoc Blanco – Cuahtemina

Blanco adalah penyerang lawas timnas Meksiko. Teknik yang akan selalu dikenang darinya adalah Cuahtemina, yaitu teknik untuk melewati lawan dengan menjepit bola di kedua kaki, lalu membawanya dengan melompat.

6. Ricardo Quaresma – La Trivela

Quaresma sering mempraktekkan teknik ini untuk mencetak gol. La Trivela adalah tendangan melengkung yang dilepaskan dengan menggunakan kaki bagian luar. Biasanya tendangan ini membuat bola sulit dijangkau dan mengarah ke sudut tiang jauh.

7. Cristiano Ronaldo – Ronaldo Chop

Ronaldo yang biasa disebut CR7 adalah seorang dribbler yang memiliki sejuta skill untuk mengelabui lawan. Tapi, ada 1 skill yang paling sering ia tunjukkan yaitu teknik Chop. Teknik Chop adalah teknik keeping dengan menarik bola dari arah belakang untuk mengubah haluan gerak. Cara yang cukup sederhana, namun selalu sukses mengecoh lawan-lawan.

8.Angel Di Maria – Rabona (Crossing)

Winger andalan dari Argentina ini memiliki ciri khas skill Rabona yang biasanya dia gunakan untuk melakukan crossing (umpan silang). Rabona adalah teknik menendang dengan menyilangkan kedua kaki.

9.Neymar – Rainbow Flick

Youngster Brazil yang memiliki sejuta skill namun hanya ada 1 ciri khas skill yang biasanya ia tunjukkan yang biasa disebut Rainbow Flick. Skill ini melewati pemain dengan melempar bola dengan kaki dari belakang sehingga membuat bola melengkung ke atas dan menuju ke depan melewati kepala pemain lawan.

10.Lionel Messi – Nutmeg (Panna)

Sudah berapa banyak korban yang terkena nutmeg Messi? mungkin jawabannya ratusan emoticon-Big Grin
Teknik ini sering dilakukan pemain sepak bola lain namun hanya Messi yang paling sering dan sukses untuk melakukannya. Teknik simple ini adalah melewati pemain dengan memasukkan bola diantara kaki pemain lawan.

11.Zinedine Zidane – Roulette

Legenda Prancis ini memiliki cara tersendiri untuk menghindari tackle dan melewati lawan. Zidane menggunakan skill Roulette yang melakukan gerakan memutar saat berlari.

12.Yannick Bolasie – Bolasie Flick

Seorang pemain Crystal Palace yang memiliki gaya unik dengan namanya sendiri. Skill ini tampak seperti modifikasi roulette namun bola dipantulkan sehingga dapat melambung melewati pemain yang mengejarnya. Skill ini juga dapat melewati pemain dalam ruang sempit seperti di tepi lapangan.

13.Andrea Pirlo – Panenka Penalty

Legenda dari Italia yang sekarang bermain untuk NYC di MLS memiliki keunikan dalam melakukan tendangan penalty yang disebut Panenka saat Euro Cup 2012 yang dapat mengelabui Joe Hart kiper timnas Inggris. Tendangan Panenka adalah teknik untuk mengelabui kiper dengan berpura-pura melakukan tendangan yang keras dan terarah, namun ternyata tendangannya hanya mencukit bola saja (skill ini hampir mirip dengan skill milik Francesco Totti). Sebenarnya awal kemunculan Panenka dipopulerkan oleh Antonin Panenka, playmaker legendaris dari Cekoslovakia.

14.Zlatan Ibrahimovic – Scorpion Kick

Pemain jangkung dan paling fenomenal dari Swedia ini memiliki skill unik yang jarang ditemukan dari pemain lain. Yaitu Scorpion Kick yang melakukan tendangan dengan kaki bagian belakang. Sebelumnya ada kiper yang bernama Rene Higuita dari Kolombia melakukan penyelamatan dengan scorpion kick melalui kedua kakinya

15.Thierry Henry – Dummy Pass

Henry identik dengan tendangannya yang memiliki akurasi tinggi, tapi selain itu Henry juga memiliki skill khas yang biasanya ia gunakan yang disebut dummy pass, yaitu berpura-pura melakukan tendangan dan kaki satunya memberikan umpan dengan tempo yang cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *